SEKALA-NISKALA

S I N O P S I S

Suatu hari di kamar rumah sakit, Tantri (10 tahun) menyadari bahwa ia tidak memiliki banyak waktu dengan saudara kembarnya, Tantra. Kondisi Tantra melemah dan mulai kehilangan indranya satu persatu. Tantra menghabiskan waktu terbaring di rumah sakit saat Tantri harus menerima kenyataan bahwa ia harus menjalani hidup sendirian.

Tantri terus terbangun tengah malam dari mimpinya menemui Tantra. Malam hari menjadi tempat bermain mereka. Di bawah bulan purnama Tantri menari; ia menari tentang rumah, alam, dan perasaannya. Seperti bulan yang meredup dan digantikan matahari, begitu pula dengan Tantra dan Tantri. Bersama, Tantri mengalami perjalanan magis dan relasi emosional melalui ekspresi tubuh; antara kenyataan dan imajinasi, kehilangan dan harapan.


P E R N Y A T A A N S U T R A D A R A

Sekala Niskala bagi orang Bali adalah hidup yang selalu terdiri dari hal baik dan buruk. Hidup adalah mengenai keseimbangan. Dalam bahasa Inggris berarti ‘The Seen and Unseen’, yaitu mereka hidup dengan mempercayai yang terlihat, serta yang tidak terlihat. Istilah ini bagi saya sangat merefleksikan saya sebagai orang Indonesia, dan juga Asia. Kita adalah orang yang holistik yang mempercayai dua kutub; agama dan budaya, kenyataan dan mitos.

Secara visual saya ingin bermain dengan kata ‘terlihat’ dan ‘tidak terlihat’. Dengan menggunakan cerita kembar perempuan dan laki-laki, atau kembar buncing dalam bahasa Bali, film ini membicarakan tentang dualisme. Saudara kembar Tantri, Tantra, terbaring di rumah sakit karena sakit keras. Hal ini menimbulkan sesuatu di pikiran Tantri, meluapkan emosi yang tidak pernah ia hadapi sebelumnya. Hari-harinya menjadi sunyi, dan ia mulai menyadari banyak hal yang terjadi di sekitarnya.

Film ini mengenai dimensi kehidupan; yaitu mengenai dimensi seni itu sendiri. Apa itu realisme? Kenyataan dalam budaya saya sangat surealis. Dengan mengikuti keseharian anak perempuan yang adiknya sekarat, kita mengikuti dimensi holistik dari perasaannya, surealisme yang hadir di dalamnya.


JADWAL PEMUTARAN FILM SEKALA NISKALA DI BALI:

1. IRAMA INDAH Denpasar | MAP
Sabtu, 26 Mei 2018 pukul 19.00

2. Rumah Film Sangkarsa – Lovina, Buleleng | MAP
Minggu, 20 Mei 2018 pukul 20.00

Info: 0831 1953 5537 WA | bioskopan@gmail.com

PESAN TEMPAT:

Nama Anda*

Email Anda*

Nomor HP/WA*

Jumlah Tiket*

Judul Film*

Pilihan Waktu Menonton*

Pesan Anda

[recaptcha]

*)Wajib diisi.
Saya mengerti bahwa saya harus membayar DONASI untuk menyelesaikan pesanan dan mendapatkan nomor tiket.